Resistor

Posted by Admin on Sabtu, 26 November 2011

Komponen || Resistor

Resistor, Resistor merupakan salah satu kompenen elektronika yang disebut pula sebagai penahan, atau lebih tepatnya jika disebut sebagai hambatan, istilah hambatan lebih mudah dipahami daripada penahan, Jika arus listrik yang mengalir diberi hambatan, maka besar arus yang mengalir tersebut akan berubah atau berkurang sesuai dengan nilai hambatan yang diberikan. Sesuai dengan namanya maka kompenen elektronika ini bertugas menyediakan nilai/harga hambatan yang beraneka ragam. Nilai hambatan sebuah Resistor dinyatakan dalam satuan Ohm, hambatan Diciptakan dalam nilai Ohm mulai kurang dari 1 Ohm hingga yang bernilai lebih dari 1 Juta Ohm (Mega Ohm).
Resistor/Hambatan diciptakan dalam dua jenis, yaitu :
  1. Hambatan tetap (Fixed Resistor)
  2. Hambatan variabel (Variable Resistor)
Hambatan tetap atau fixed resistor adalah hambatan yang harga hambatannya tetap, tidak berubah - ubah. sedangkan hambatan variabel atau variable resistor merpakan sebuah hambatan yang dimana harga hambatan atau nilai hambatannya dapat dirubah - rubah sesuai dengan kebutuhan, hambatan variabel atau variable resistor disebut juga dengan potensio meter.
Harga Ohm pada resistor dicantumkan pada badan kompenen elektronika tersebut, jadi kita dapat dengan mudah mengetahui nilai hambatan dari resistor tersebut. untuk fixed resistor nilai hambatannya digambarkan dengan kode warna (cincin warna), dan sedangkan untuk variable resistor nilai hambatannya dicantumkan dengan nilai hambatan tersebut, misal : 5k5, 1k, 10k

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar